Sabtu, 22 November 2008

Program Kerja 2009

PROGRAM KERJA
PASKIBRA KOTA MEDAN
TAHUN 2009

A. Pengertian

1. Program Kerja PKM Tahun 200 merupakan pedoman umum dalam melaksanakan kegiatan organisasi
2. Program Kerja PKM ini merupakan penjabaran tujuan dan fungsi PKM sebagaimana tersebut dalam Anggaran Dasar Paskibra Kota Medan, serta peran aktifnya dalam pembinaan anggota dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

B. Maksud, Tujuan Dan Fungsi
1. Program Kerja PKM ini dimaksudkan sebagai pedoman umum dan alat penyamaan pandangan.
2. Program Kerja PKM ini bertujuan menyatukan arah dan gerak langkah pelaksanaan kegiatan
3. Program Kerja PKM ini berfungsi sebagai tolak ukur dalam menilai tingkat keberhasilan kepemimpinan PKM sebagai acuan dalam melaksanakan evaluasi.

C. Pedoman Umum Pelaksanaan
Pengurus PKM wajib menyusun rencana kerja tahunan sebagai penjabaran lebih lanjut dari program kerja ini.


D. Sasaran Program Kerja
Program Kerja PKM ini mempunyai dua sasaran utama yakni :
Sasaran Ke Dalam
a) Memantapkan Paskibra Kota Medan sebagai organisasi yang akomodatif terhadap anggotanya dalam melaksanakan tugas yang diembannya sebagai Pandu Ibu Pertiwi yang berpancasila.
b) Menghimpun seluruh potensi yang dimiliki oleh anggota Paskibra Kota Medan sebagai kekuatan yang dapat disumbangkan kepada bangsa dan negara

Sasaran Ke Luar
a) Mengarahkan dan meningkatkan peran dalam pembinaan generasi muda
b) Berkiprah lebih nyata dalam pembangunan bangsa Indonesia dengan semua potensi yang dimiliki
c) Mengupayakan pembentukan Paskibra Satuan di seluruh SLTA Kota Medan.

E. Skala Dan Bentuk Program
1. Program Jangka Panjang
Program Jangka Panjang ini ditekankan pada peningkatan peran aktif Paskibra Kota Medan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan kemampuan dan tanggungjawab sebagai warga negara, khususnya generasi muda.
1.1. Mengembangkan Professionalisme Anggota
Melakukan pelatihan kepada anggota Paskibra Kota Medan sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan mampu hidup mandiri serta sebagai pioner bagi masyarakat dalam aktivitas yang berbudi pekerti.
1.2. Memberdayakan Paskibra Satuan Se-Kota Medan
Membantu dan membimbing usaha pembentukan Paskibra Satuan di seluruh SMA Sederajat di Kota Medan, memberikan informasi mengenai prosedur pembentukan dan pelaksanaan Paskibra Satuan bekerjasama dengan OSIS setempat. Dan juga memberikan bimbingan dan arahan secara manajemen kepada Pengurus Paskibra Satuan yang telah terbentuk.
1.3. Meningkatkan dan Mengembangkan Kerjasama dengan Organisasi Lain
Dengan kemampuan yang ada, Paskibra Kota Medan dapat mengembangkan kerjasama dengan organisasi lain, khususnya organisasi kepemudaan, dalam melaksanakan aktivitas – aktivitas yang berguna bagi kedua belah pihak dan dapat menyumbangkan sesuatu bagi masyarakat, bangsa dan Negara
1.4. Mewujudkan kepedulian dan jiwa pengabdian kepada bangsa dan Negara
Kepedulian dan pengabdian ini terutama untuk membantu pemerintah memasyarakatkan kembali pedoman pelaksanaan perangkat atribut Negara, serta mengabdikannya dalam wujud yang sesuai menurut Peraturan – Peraturan Perundang – undangan yang berlaku.
1.5. Melaksanakan Aktivitas Sosial
Dengan kemampuan organisasi yang ada, diharapkan PKM akan mendapatkan tenaga, pikiran dan bila mungkin materi untuk membantu program pemerintah di segala bidang, khususnya sosial kemasyarakatan dan pembinaan generasi muda.
1.6. Mengevaluasi Program Kerja Jangka Pendek
Evaluasi ini bertujuan memperbaiki kekurangan dan meningkatkan keberhasilan yang telah dicapai.
2. Program Jangka Pendek
Skala Prioritas dalam Program Jangka Pendek ini terutama ditekankan pada pembenahan organisasi dengan segala perangkatnya, memperbaiki sistem komunikasi dan upaya – upaya untuk lebih mengukuhkan keberadaan organisasi di masyarakat luas.
2.1. Konsolidasi
Konsolidasi berarti menata seluruh perangkat yang ada dalam sebuah manajemen organisasi yang utuh, mandiri, modern dan terbuka di bawah kepemimpinan yang terdiri dari orang yang berdedikasi dan loyalitas tinggi, professional dan rela berkorban. Konsolidasi ini dilakukan dengan tiga pendekatan yakni :
2.1.1. Konsolidasi Organisasi, dengan kegiatan sebagai berikut :
a. Menyusun dan menerbitkan petunjuk pelaksanaan pembentukan Paskibra Satuan tingkat SMA Sederajat di Kota Medan
b. Melaksanakan MUBES III, PKM sebagaimana disebut dalam AD/ART
c. Menyusun sistem mekanisme organisasi yang sesuai dengan AD/ART.
2.1.2. Konsolidasi Personil dalam bentuk :
a. Memilih personil yang berkualitas dalam melengkapi kepengurusan
b. Menyelenggarakan pelatihan – pelatihan keorganisasian yang berjenjang dan berkesinambungan bagi seluruh anggota.
c. Mengikutsertakan anggota dalam kegiatan pelatihan pembinaan yang diselenggarakan pihak lain terutama dalam program yang dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga.
2.1.3. Konsolidasi Finansial, yaitu mengembangkan potensi financial yang ada untuk menunjang operasional organisasi, terutama untuk aktivitas rutin dengan cara :
a. Mengaktifkan pemungutan iuran anggota dan pengumpulan dana dari para donatur.
b. Mengembangkan usaha – usaha yang sah dan tidak mengikat.

2.2. Peningkatan Kualitas Paskibra Satuan
a. Mengaktifkan jenjang pelatihan kepemimpinan di kalangan anggota secara berkesinambungan untuk melanjutkan pelatihan yang telah diikuti.
b. Mengupayakan peran serta Paskibra Kota Medan dan anggota – anggotanya dalam menyangkut kegiatan yang menyangkut Pengibaran Bendera Merah Putih dan Upacara Nasional lainnya. Pelaksanaannya harus terkoordinasi dengan pengurus sehingga secara formal dapat meningkatkan eksistensi organisasi.

PENUTUP
Profil Paskibra Kota Medan, disusun adalah untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang Paskibra Kota Medan kepada Organisasi, Instansi yang ingin mengenal dan akan menjadikan Paskibra Kota Medan sebagai Mitra Kerja bagi mereka.
Harapan yang sangat mendasar adalah bahwa Profil ini dapat memberikan sumbangan yang sangat baik kepada Pengurus Paskibra Kota Medan dalam mewujudkan dan melaksanakan Program Kerja yan ada.

1 komentar:

Lautanluas mengatakan...

Selamat Siang...

Salam Sejahtera kami sampaikan semoga dapat menjalankan tugas-tugas dengan baik.
Mohon dengan hormat penjelasannya tentang petunjuk pelaksanaan PASKIBRA, yang saya maksud bukan rangkaian kegiatannya melainkan jumlah barisan, formasi barisan, formasi gerak, formasi perpindahan pengibar ketika sudah sampai di depan tiang bendera dan proses penaikan bendara. saya sudah lama mencari referensi di Internet tapi hasilnya tidak pernah memuaskan karena cuma rangkaian kegiatan PASKIBRA saya yang dijelaskan. dan tidak ada buku yang diterbitkan pemerintah tentang petunjuk pelaksanan PASKIBRA standar nasional Indonesia sehingga membuat kami sulit melaksanakannya. ada sebagian orang bilang "Jangan membelakangi bendera ketika sedang dikibarkan" adapula orang bilang "Belakangilah bendera sebagaimana anda membelakangi seorang raja untuk menghindari serangan dari musuh"

Demikian mohon jawabannya dan atas perhatiannya saya Ucapkan Terimakasih yang tiada batasnya.

Ahmad Irfan
Sumenep, Indonesia